Category

cerpen (8) curahan hati (5) english (3) lirik (2) music (2) puisi (14) review (1)

Sunday 25 April 2010

Kata Orang...

Berawal dari obrolan ringan di YM di suatu waktu:

...
Teman: ko ga bikin note lagi?
Saya: ho'oh lagi mentok ide. Ntarlah kalo bikin pasti ditag ko  
Teman: pasti gara2 lgi brantem sma cwo'nya yah  
Saya: HAH??
Cowo yg mna yah?  
  Hehee..
Teman: haha.. Masa sma cowo sendiri lupa. Pasti saking banyaknya yah  
Saya: hahah,,bukan bingung karna kebanyakan pacar.. Nta bingung saking jomblonya     
Teman: Aahh masa sih kamu jomblo. Ga percaya ah.
Saya: kenapa musti ga percaya???
Teman: itu sih note kamu yg trahir, yg judulnya Antara Segitiga?
(waktu itu, Antara Segitiga memang judul note yg paling trahir)
Kamu dah punya cowo kan??
Saya: heheheeee  
...

Yah, kurang lebih gitu lah obrolannya. Awalnya saya ga terlalu peduli. Tapi smakin kesini ko smakin banyak obrolan serupa yg menghubung-hubungkan cerita yg saya buat dg pengalaman pribadi. Entah bagaimana rumusnya.

Kalau memang ada yg berpikir demikian, ya silakan saja. Itu hak masing-masing indivudu yg merdeka ko. Saya anggap itu sbagai suatu resiko dr apa yg telah saya tulis. Tapi disaat yg bersamaan, saya juga merasa hal sperti ini ga bisa dibiarkan berlarut-larut, trutama stelah mengguncang stabilitas personal. Maka saya merasa, sudah saatnya untuk meluruskan beberapa hal yg udah terlanjur bengkok, dan ingin menyampaikan pada kalian bahwa:

SEMUA CERITA YANG SAYA TULIS HANYALAH FIKTIF BELAKA. APABILA ADA KESAMAAN NAMA TOKOH DAN ISI CERITA, SAYA JAMIN ITU SEMUA HANYALAH KEBETULAN SEMATA.


Terlepas dari itu semua, apakah cerita itu berdasarkan pengalaman pribadi (pihak lain) atau bukan, mungkin masih ada orang yg blum tahu bahwa menulis cerita adalah sebuah proses kreatif imajinatif dr seorang penulis. Pengalaman (baik pribadi maupun pihak lain) mungkin bisa dijadikan landasan untuk menyusun sebuah cerita, tapi itu bukanlah satu2nya faktor utama. Karna pengalaman saja tak akan cukup untuk membangun karakter. Perlu adanya 'bumbu2' yg disebut sbagai imajinasi dan dramatisasi agar isi ceritanya lebih 'hidup'. Tanpa bumbu2 tersebut, cerita akan berasa seperti sebuah buku diary yang--menurut saya--hanya boleh dikonsumsi oleh pribadi.

Tapi... setelah saya pikir2, saya jd bertanya-tanya sendiri, dari semua hal yg sudah saya jelaskan panjang lebar di note ini, apakah nantinya akan berhasil untuk merubah pandangan para pembaca terhadap cerita yg saya tulis?

Bisa jadi tidak.

Aah... Saya jadi merasa tolol. Kalau begitu saya memilih untuk (mencoba) tidak peduli saja, dan saya akan lebih merekatkan slogan yg slama ini saya kibarkan:


I DON'T GIV'A DAMN OF WHAT PEOPLE MAY THINK ABOUT ME!


Semoga saja slogan itu berhasil. 

**

bandung, sabtu malam yg panas sekali
24 April 2010
21:35
-kamar-

ketika saya merasa perlu untuk mengeluarkan tulisan omong kosong..

No comments: